Selasa, 11 Oktober 2011

Tugas Psikologi Pendidikan Menulis Esei (Artikel Ilmiah)

Tugas                 :  Menulis Esei (Artikel Ilmiah)
Mata Kuliah    :  Psikologi Pendidikan (3 SKS)
Dosen               :  Muhammad Syafiq
Email                  :  syafiq_muh@yahoo.com
1.       Menulis esei berjumlah 1500 kata/ words ditulis dalam spasi 1,5 font bebas.

2.      Pilihan topik:
a.       Bagaimana psikologi pendidikan dapat membantu seorang guru agar dapat menjadi guru yang efektif.
b.      Bagaimana memahami istilah karakter dalam pendidikan karakter yang ingin dikembangkan di Indonesia dan bagaimana strategi pengembangannya.
c.       Mengidentifikasi persoalan mendasar dalam pendidikan di Indonesia saat ini dan tawaran solusi pemecahannya.

3.       Tulisan harus asli dan tidak boleh copy – paste dari artikel internet atau artikelmorang lain baik hanya sebagian atau seluruhnya. Jika diketahui esei anda hasil copy – paste, atau ada yang sama persis satu sama lain, maka nilai tugas menjadi nol (0).

4.       Jika anda mengutip secara bebas memakai bahasa anda sendiri dari buku atau artikel atau berita media massa, anda harus mencantumkan referensinya didalam esei berupa nama dan tahun (misal: Menurut Purwanto (1999).....; atau ......(Purwanto, 1999); atau (Kompas, 2010). Jika anda mengutip kalimat sama persis dalam buku atau artikel lain, anda harus memaka tanda buka kutip dan tutup kutip dan mencantumkan nama penulis asli, tahun, dan no. Halaman. Misal: Purwanto (1999, hlm. 200) menyatakan bahwa, “Pendidikan di Indonesia terlalu menekankan pada aspek kognitif daripada aspek karakter...”. selanjutnya buku atau jurnal atau alamat website yang dijadikan referensi harus dicantumkan diakhir bagian esei. Cara menulis referensinya sama dengan daftar pustaka seperti diatur dalam buku pedoman penulisan skripsi (cek contoh skripsi di perpustakaan fakultas).

5.       Tugas dikumpulkan 2 minggu setelah UTS (jadwal UTS menyusul), pada akhir pertemuan kuliah.

Penilaian:
1.       Nilai 85 – 100 (A)           :  Orisinil, analisis terfokus dan mendalam, cara referensi benar.
2.       Nilai 80 – 85 (A-)           :  Orisinil, analisis terfokus dan mendalam, cara referensi tidak benar.
3.       Nilai 75 – 80 (B+)           :  Orisinil, analisis terfokus tapi kurang mendalam, cara referensi benar.
4.       Nilai 70 – 75 (B)             :  Orisinil, analisis terfokus tapi kurang mendalam, cara referensi tidak benar.
5.       Nilai 65 – 70 (B-)            :  Orisinil, analisis kurang terfokus kurang mendalam, cara referensi benar.
6.       Nilai 60 – 65 (C+)           :  Orisinil, analisis kurang terfokus tapi kurang mendalam, cara referensi tidak              benar.
7.       Nilai 55 – 60 (C)             :  Kurang orisinil, kurang focus, kurang mendalam, cara referensi benar.
8.       Nilai 40 – 55 (D)             :  Kurang orisinil, kurang focus, kurang mendalam, cara referensi tidak benar.
9.       Nilai 0 – 40 (E)                :  Terindikasi plagiat/ copy – paste, esei memiliki kemiripan dengan esei lain baik sebagian maupun keseluruhan. Jika terbukti esei tersebut adalah plagiat/ copy – paste seluruhnya maka nilai yang diberikan adalah nol (0).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar