Selasa, 20 Desember 2011

Bagan POR MKU

POR MKU adalah Pekan Olahraga Matakuliah Umum yang diadakan untuk memberikan kesempatan jurusan yang mempunyai Matakuliah Penjasorkes. Jurusan akan saling bertanding.......
File Downlod: http://www.ziddu.com/download/17833008/20111213BAGANPORMKU-REV.xlsx.html

Kamis, 15 Desember 2011

20111216 Peraturan Pertandingan Bolatangan dan Sepakbola Mini POR MKU

PERATURAN PERMAINAN
BOLA TANGAN PUTRA
1.      Jumlah pemain 10 orang tiap tim, 6 pemain inti dan 4 pemain cadangan.
2.      Dimainkan dalam waktu 2x10 menit dan waktu istirahat 5 menit, waktu kotor.
3.      Tiap tim wajib memakai kostum yang sama dan nomor punggung yang jelas.
4.    Untuk memulai permainan, dilakukakan suit terlebih dahulu untuk menentukan pilihan bola atau tempat. Saat sentuhan pertama, jarak pemain lawan kurang lebih 5 meter.
5.   Maksimal dribble hanya 3 langkah untuk sekali dribble, jika melebihi 3 langkah maka langsung dilakukan lemparan ke dalam.
6.      Baik pemain bertahan atau menyerang tidak boleh masuk dalam circle.
7.   Jika pemain bertahan masuk kedalam circle, maka secara otomatis akan mendapat hadiah penalty.
8.    Jika penyerang, masuk daerah circle, maka terjadi pelanggaran dan dilakukan lemparan bebas. 
9.  Tidak diperbolehkan melakukan body contact secara berlebihan, misal mendorong, menendang, menyikut, dan sebagainya. Jika hal itu terjadi, maka akan diberi hukuman kartu dan lemparan bebas.
10.  Setiap kali bola mengenai kaki, baik disengaja ataupun tidak, maka terjadi pelanggaran.
11.  Kecuali penjaga gawang, boleh menggunakan seluruh anggota badan, dalam catatan hanya di dalam wilayahnya (circle), namun jika penjaga gawang keluar dari circle maka terjadi pelanggaran.
12.  Jatah kartu kuning dan merah masing-masing tim tiap babak sebanyak 3 kali, jika sudah 3 kali tercatat membukukan kartu kuning ataupun merah, maka akan mendapat hukuman penalty secara otomatis untuk pelanggaran keempat dan seterusnya.
13.  Jika pemain sudah mendapat 2 kali kartu kuning maka pemain tersebut mendapat kartu merah.
14.  Hukuman untuk pemain yang mendapat kartu merah, tidak boleh melanjutkan permainan sampai pertandingan selesai.
15.  Jika pergantian babak, maka jumlah pelanggaran kembali nol.
16.  Jika melakukan lemparan kedalam, kaki tidak boleh menginjak garis, harus diluar lapangan.
17.  Jika melakukan tembakan, diperbolehkan sambil melompat dan berlari namun harus tetap memperhatikan langkah maksimal.
18.  Jika melakukan tembakan bebas, tidak boleh melompat, harus diam dititik pelanggaran.
19.  Jika melakukan tembakan penalty, kaki harus sejajar, boleh menggunakan satu atau dua tangan. Pemain bertahan dan penyerang, harus diluar circle dan sejajar dengan pelempar penalty.
20.  Saat menembak tidak boleh masuk dalam circle, harus diluar circle, jika masuk maka tidak sah. Perhitungan masuk atau tidak, saat bola lepas harus dluar circle dan sah meskipun anggota badannya masuk circle ( karena gerak lanjutan ).
21.  Untuk pergantian pemain tidak boleh langsung 1 tim, melainkan harus bergantian ( satu - persatu maksimal 2 orang ).
22.  Tim dikatakan WO, jika tim tidak hadir dilapangan dalam tenggang waktu 10 menit dan skor 3-0.
23.  Jika dalam masa tenggang waktu memasuki 5 menit, tim hadir dilapangan dan anggotanya lengkap, maka skor dinyatakan 1-0 untuk tim lawan.
24.  Jika masuk masa tenggang 5-10 menit, tim hadir dilapangan namun tidak lengkap, maka tim tersebut belum dianggap hadir.
25.  Dikatakan lengkap jika tim yang hadir minimal 6 pemain.
26.  Keputusan wasit mutlak, tidak boleh diganggu gugat.
27.  Protes hanya boleh dilakukan oleh kapten dan official, dan dilakukan saat akhir pertandingan.
28.  Jika melakukan protes, dikenakan biaya protes sebesar Rp 20.000,00.
29.  Tim yang memicu, menyebabkan, atau membuat kerusuhan atau perkelahian, maka tim yang bersangkutan didenda Rp 1.000.000,00.
30.  Supporter yang melakukan kerusuhan dan mengganggu jalannya pertandingan, sehingga memicu perkelahian, maka tim akan didenda sebesar Rp 1.000.000,00.

PERATURAN PERMAINAN
SEPAK BOLA MINI PUTRI

1.      Tiap tim berjumlah 12 orang, 7 sebagai pemain inti dan 5 cadangan.
2.      Waktu permainan 2x10 menit, istirahat 5 menit.
3.    Kick-off dilakukan setelah kedua tim melakukan suit, untuk menentukan pilihan bola atau tempat.
4.      Lemparan ke dalam dilakukan tepat diatas garis lapangan.
5.      Pada saat kick-off, pemain lawan tidak boleh terlalu dekat dengan garis tengah, kurang lebih 3 meter dari garis tengah.
6.      Body contact secara berlebihan langsung diambil pelanggaran.
7.      Diwajibkan memakai sepatu futsal atau kets.
8.      Dilarang memakai aksesoris apapun, baik gelang, kalung, dan anting dll.
9.      Dilarang berkata kotor jika terjadi maka secara otomatis akan mendapat kartu kuning.
10.  Pelanggaran secara berlebihan dikenakan kartu kuning baik disengaja maupun tidak disengaja.
11.  Wajib menggunakan kostum yang sama dalam satu tim dan bernomor punggung yang jelas.
12.  Protes secara berlebihan akan dikenakan denda sebesar 20 ribu.
13.  Untuk pergantian pemain tidak boleh langsung 1 tim, melainkan harus bergantian ( satu - persatu maksimal 2 orang ).
14.  Jika pemain menyentuh bola dengan tangan secara sengaja di daerah manapun maka pemain akan mendapat kartu kuning.
15.  Jika pemain bertahan masuk ke dalam circle gawang baik sengaja maupun tidak disengaja, maka akan terjadi penalty.
16.  Tim dikatakan WO, jika tim tidak hadir dilapangan dalam tenggang waktu 10 menit dan skor 3-0.
17.  Jika dalam masa tenggang waktu memasuki 5 menit, tim hadir dilapangan dan anggotanya lengkap, maka skor dinyatakan 1-0 untuk tim lawan.
18.  Jika masuk masa tenggang 5-10 menit, tim hadir dilapangan namun tidak lengkap, maka tim tersebut belum dianggap hadir.
19.  Dikatakan lengkap jika tim yang hadir minimal 7 pemain.
20.  Keputusan wasit mutlak, tidak boleh diganggu gugat.
21.  Protes hanya boleh dilakukan oleh kapten dan official, dan dilakukan saat akhir pertandingan.
22.  Jika melakukan protes, dikenakan biaya protes sebesar Rp 20.000,00.
23.  Tim yang memicu, menyebabkan, atau membuat kerusuhan atau perkelahian, maka tim yang bersangkutan didenda Rp 1.000.000,00.
24. Supporter yang melakukan kerusuhan dan mengganggu jalannya pertandingan, sehingga memicu perkelahian, maka tim akan didenda sebesar Rp 1.000.000,00.
25.  Jika Tim yang pemainnya ada yang mendapatkan kartu merah, maka pada babak ke-1 permainan akan tetap dilanjutkan dengan tim yang tersisa, kemudian babak ke-2 boleh digantikan. 

TTD


Ketua Panitia

20111216 Bagan dan Jadwal Pertandingan Bolatangan dan Sepakbola Mini POR MKU






JADWAL BOLATANGAN PA
PEKAN OLAHRAGA MATA KULIAH UMUM PENJASORKES
KAMPUS II UNESA KETINTANG; SABTU, 17 DESEMBER 2011









NO NO. PERT TEAM WAKTU WASIT
A VS B

1 P1 PEND. T. BANGUNAN VS T. ELEKTRO 07.00 - 07.30 RIO
2 P2 S1 PPKN VS S1 ILMU HUKUM 07.00 - 07.30 IQBAL
3 P3 MANAJEMEN INFORMATIKA VS D3 T. SIPIL 07.30 - 08.00 BILLY
4 P4 S1 PTB VS S1 PEND. EKONOMI (B. NORCE) 07.30 - 08.00 FIRDAUS
5 P5 S1 PEND. FISIKA VS S1 T. SIPIL 08.00 - 08.30 HENDRIK
6 P6 S1 T. MESIN VS S1 PEND. MATEMATIKA 08.00 - 08.30 IQBAL
7 P7 S1 PEND. KIMIA VS S1 PEND. GEOGRAFI 08.30 - 09.00 BILLY
8 P8 BIOLOGI PLUS VS S1 PEND. SEJARAH 08.30 - 09.00 RIO
9 P9 S1 PEND. EKONOMI (P. NUR BAWONO) VS MP1 09.00 - 09.30 FIRDAUS
10 P10 MP2 VS S1 PEND. SAINS 09.30 - 10.00 IQBAL
11 P11 MP4 VS MP5 09.30 - 10.00 HENDRIK
12 P12 MP6 VS MP7 10.00 - 10.30 BILLY
13 P13 MP9 VS MP3 10.00 - 10.30 RIO
14 P14 MP8 VS MP10 10.40 - 11.10 FIRDAUS
15 P15 MP13 VS MP11 10.40 - 11.10 HENDRIK
16 P16 MP12 VS MP14 11.20 - 11.50 RIO
17 P17 KP15 VS KP16 12.15 - 12.45 IQBAL
18 P18 MP15 VS MP16 13.15 - 13.45 HENDRIK









KET: Jadwal dapat berubah sesuai dengan keadaan pada waktu pelaksanaan






























JADWAL SEPAKBOLA MINI PI
PEKAN OLAHRAGA MATA KULIAH UMUM PENJASORKES
KAMPUS II UNESA KETINTANG; SABTU, 17 DESEMBER 2011









NO NO. PERT TEAM WAKTU WASIT
A VS B

1 P1 S1 PEND. MATEMATIKA VS S1 PEND. FISIKA 07.00 - 07.30 ALWI
2 P2 S1 PEND. SAINS VS S1 PEND. BIOLOGI 07.00 - 07.30 MAKI
3 P3 S1 PEND. GEOGRAFI VS S1 T. ELEKTRO 07.30 - 08.00 GUFRON
4 P4 D3 T. SIPIL VS S1 T. SIPIL 07.30 - 08.00 DENI
5 P5 S1 PEND. KIMIA VS S1 PTB 08.00 - 08.30 TRI M
6 P6 S1 PEND. SEJARAH VS D3 MANAGEMEN INFORMATIKA 08.00 - 08.30 ALWI
7 P7 S1 ILMU HUKUM VS S1 T. MESIN 08.30 - 09.00 MAKI
8 P8 S1 PEND. BIOLOGI (B. FIFUKHA) VS S1 PPKN 08.30 - 09.00 GUFRON
9 P9 S1 PEND. EKONOMI (B. NORCE) VS MP1 09.00 - 09.30 DENI
10 P10 MP2 VS S1 PEND. EKONOMI (P. NUR BAWONO) 09.30 - 10.00 TRI M
11 P11 MP4 VS MP5 09.30 - 10.00 ALWI
12 P12 MP6 VS MP7 10.00 - 10.30 MAKI
13 P13 MP9 VS MP3 10.00 - 10.30 GUFRON
14 P14 MP8 VS MP10 10.40 - 11.10 DENI
15 P15 MP13 VS MP11 10.40 - 11.10 TRI M
16 P16 MP12 VS MP14 11.20 - 11.50 ALWI
17 P17 KP15 VS KP16 12.15 - 12.45 MAKI
18 P18 MP15 VS MP16 13.15 - 13.45 GUFRON









KET: Jadwal dapat berubah sesuai dengan keadaan pada waktu pelaksanaan



Selasa, 06 Desember 2011

20111207 Struktur Proposal MK Teknologi Pembelajaran Penjasor

Masing - masing kelompok membuat Proposal dengan badan proposal terdiri dari :

Bab I
Berisi uraian latar belakang masalah,rumusan masalah dan tujuan yang akan dibuat untuk media video.
Bab II
Berisi kutipan - kutipan teori yang berkitan dengan teori pembelajaran yang akan dibuat media videonya.
Bab III
Berisi gambaran singkat proses - proses (workflow) yang dilakukan dalam pembuatan media video.

Masing masing kelompok mengumpulkan proposal dalam bentuk cetak dan power point berisi presentasi proposal.

Dikumpulkan pada Hari Rabu, 14 Desember 2011

Minggu, 04 Desember 2011

20111204 Hasil Akhir tugas Teknologi Pembelajaran Kelas 2009B Pend.Or FIK Unesa

Gambar Kelompok 1 Materi Pendidikan Kesehatan Sekolah SMP
1. WAHYU IFANTO (096464050)
2. SEPTYALINDA R. (096464053)
3. ARINDRA Y. (096464055)
4. MAHUDA (096464057)


 Gambar Kelompok 2 Materi Cabang Olahraga Atletik
1. DAMAR PUSPO P. (096464042)
2. I PUTU P. (096464046)
3. NOVITA P. (096464054)
4. NORIS ALIM K. (096464056)


Gambar Kelompok 3 Materi Cabang Olahraga Taekwondo
1. IRMA NURIAWATI (096464042)
2. BAGUS EKO SUGIANTO (096464046)
3. NURIS ANDI PRASTIYO (096464054)
4. IRFAN CRISTANTO (096464056)


Gambar Kelompok 4 Materi Pendidikan Kesehatan Umum
1. DANDIK NORMADIAN S (096464043)
2. M. SYUKRUL AMIN (096464062)
3. KRISDANA R. (096464049)
4. PARAMA SURYA K. (096464060)


 Gambar Kelompok 5 Materi Pendidikan Kesehatan Sekolah SMA
1. MOCHAMMAD KHAFID (096464044)
2. ANDI HIDAYAT (096464052)
3. NURMAN RAMADHAN (096464059)
4. ARFIAN HIDAYAT (096464061)


Gambar Kelompok 6 Materi Cabang Olahraga Sepak Takraw
1.  PRAMUDYA BAGUS (096464063
2.  RISKI RAFSANJANI (096464068)
3. BIJAK ADHI S (096464071)
4. FAUSTINA (096464076)

 Gambar Kelompok 7 Materi Sepakbola
1. ADI PRASETYO (096464064)
2. BAYU BUDI PRAKOSO (096464069)
3. BAMBANG DODIYANTO (096464075)
4. ARDYAN TAUFAN (096464080)

Gambar Kelompok 8 Materi Pendidikan Kesehatan Sekolah SD
1. M. AMIRUDIN (096464065)
2. SABRINA P (096464070)
3. ARGO PAMUNGKAS (096464072)
4. M. FAIZIN (096464077)




T

Kamis, 01 Desember 2011

20111202 UTS Perencanaan dan Evaluasi Pengajaran


JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA
PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI

Matakuliah : Perencanaan Pengajaran (47524220)
Dosen Pengampu : Dr. I Made Sriundy Mahardika, M.Pd.

Petunjuk:
  1. Tulis jawaban di lembar yang telah disediakan, dengan bahasa Indonesia yang dapat dibaca.
  2. Ujian bersifat take home dan segala bentuk kerjasama dalam mengerjakan soal diharamkan dunia akhirat.

Soal:
  1. Sebut dan jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem instruksional dan apa syarat-syarat sebuah sistem instruksional.
  2. Sebutkan tahap-tahap penting yang harus dilakukan seorang pendidik dalam mendesain rencana pengajarannya. Jelaskan jawaban saudara.
  3. Sebut dan jelaskan prinsip-prinsip instruksional serta implikasinya pada kegiatan pengajaran.
  4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengembangan instruksional.
  5. Secara garis besar kurikulum pengajaran didasarkan pada subject matter base dan competency base. Jelaskan: a) apa yang dimaksud dengan kurikulum dan jenis-jenisnya, b) Jelaskan apa yang dimaksud dengan kurikulum bertujuan subject matter base dan competency base, c) Jelaskan persamaan dan perbedaan keduanya, lengkapi dengan contoh.
  1. Kebijakan pemberlakuan KTSP menjamin kewenangan pendidik dalam merencanakan pembelajaran khususnya operational curriculum. Kewenangan tersebut harus didukung oleh kemampuan guru dalam merancang sistem instruksional dan memahami syarat-syarat sebuah sistem instruksional.
    1. Sebut dan jelaskan apa yang dimaksud sistem instruksional dan syarat-syarat yang harus dipenuhinya.
    2. Sebut dan jelaskan tahapan penting yang harus dilakukan dalam mendesain operational curriculum.
  1. Langkah identifikasi instruksional penting dilakukan untuk menentukan, pengetahuan, keterampilan, sikap atau kompetensi yang akan dijadikan tujuan PBM. Sebut dan jelaskan langkah-langkah identifikasi instruksional tersebut, lengkap dengan argumentasi logisnya.
  1. Tujuan instruksional umum sering disebut dengan general instructional objectives yang dapat berupa pengetahuan, keterampilan, sikap atau kompetensi tertentu. Sebutkan tujuan instruksional umum pengajaran Penjasorkes sesuai dengan PP. 19 Tahun 2005 untuk semua jenjang pendidikan.
  1. Permendiknas No. 23 tahun 2006 mengandung cakupan matapelajaran, standar kompetensi kelompok matapelajaran (SK KMP), SKL, SK, KD. Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah-istilah tersebut dan bagaimana keterkaitan satu dengan lainnya.
  1. Sebuah sekolah memiliki potensi riil sebagai berikut: (a) hanya memiliki satu lapangan Basket, (b) guru Penjasorkes 2 orang, (c) memiliki sarana bermain basket, tape recorder, kaset senam, dan beberapa bola plastik, (d) 50% peserta didiknya perempuan, dengan kondisi kebugaran rendah, motorik dasar rendah, sportivitas sedang, dan (e) masyarakat sekitar sangat taat beragama dan menjunjung nilai-nilai kebajikan. Jika anda menjadi guru Penjasorkes di sekolah ini buatlah RPP pembelajaran Penjasorkes yang paling tepat untuk peserta didik kelas VII. RPP yang anda buat akan dinilai dengan ketentuan:

No.
ASPEK YANG DINILAI
SKOR MAKSIMAL
1
Perumusan tujuan pembelajaran
5
2
Pemilihan dan Pengorganisasian materi ajar
5
3
Pemilihan sumber atau media pembelajaran
3
4
Skenario atau kegiatan pembelajaran
5
5
Penilaian hasil belajar
2


Selamat mengerjakan, semoga segala pikiran baik datang dari berbagai arah
dan Tuhan senantiasa membimbing kita semua ke jalan kebenaran


Tugas dikumpulkan pada hari Senin, 5 Desember 2011 waktu perkulihan. Tugas dikerjakan pada kertas A4.
Terima kasih.