Kamis, 20 Oktober 2011

Tugas Mata Kuliah Perkembangan dan Belajar Motorik

Email Dari Dr. Nanik Indahwati, S.Pd., M.Or.

Salam, yang saya banggakan : mahasiswa Penjas kelas 2009 A, 2009 B, 2010 A,B, senior 2006,2007 khusunya yang memprogram mata kuliah perkembangan dan belajar motorik. mohon maaf sebelumnya karena terpaksa perkuliahan tidak lancar karena suatu tugas ( jabatan sebagai Kaprodi) yang harus ibu jalankan dan kurang lebih 4 hari kedepan harus menjalankan tugas di NTB (Universitas Negeri Mataram). terkait dengan menggati pertemuan perkuliahan, maka kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebelum ada solusi mengganti hari lain. baiklah bentuk tugas yang ibu berikan ini mohon bisa diinfokan kpd teman yang lain, sehingga tidak ketinggalan informasi/tugas. kerjakanlah soal berikut sesuai dengan pendapat anda sendiri dan bisa anda kembangkan dengan memanfaatkan beberapa sumber bacaan yang sudah ada baik dari perpustakaan/ search di internet.(HARI SELASA 25 OKT 2010  DI KUMPULKAN )
SOAL :
  1. Dapatkah anda menjelaskan dan mendeskripsikan kepada saya bahwa sebagai calon guru penjas anda sangat memerlukan pengetahuan-pemahaman tentang pentingnya belajar gerak khususnya bagi guru kelak ketika anda mengajar dan bagi siswa.
  2. Terkait dengan hal tersebut (point 1), lalu apa hubungannya dengan tujuan pembelajaran penjas jika sasarannya adalah kebugaran?
  3. Komponen/unsur kebugaran apa saja yang bisa ditingkatkan melalui aktivitas Penjas? sebutkan dan bisa diberi contoh aktivitasnya!

Selamat mengerjakan...
- DIKUMPULKAN TERAKHIR HARI SELASA 25 OKT 2010.PKL. 15.00
- JIKA ADA WAKTU/KELAS HARI SELASA SORE ADA KULIAH MOTORIK
- PENGUMPULAN BISA BY EMAIL ke Email: nan.noick@gmail.com, BISA DENGAN PRINT OUT (BEBAS)
Untuk Kelas 2009B, Kuliah Perkembangan dan Belajar Motorik diadakan pada Hari Selasa, 25 Oktober 2011 pukul 14:00 wib di U2.02.02A/ Menyesuaikan pada hari Selasa.

                              Trimakasih,atas perhatian dan pertisipasinya....

Selasa, 11 Oktober 2011

Tugas Psikologi Pendidikan Menulis Esei (Artikel Ilmiah)

Tugas                 :  Menulis Esei (Artikel Ilmiah)
Mata Kuliah    :  Psikologi Pendidikan (3 SKS)
Dosen               :  Muhammad Syafiq
Email                  :  syafiq_muh@yahoo.com
1.       Menulis esei berjumlah 1500 kata/ words ditulis dalam spasi 1,5 font bebas.

2.      Pilihan topik:
a.       Bagaimana psikologi pendidikan dapat membantu seorang guru agar dapat menjadi guru yang efektif.
b.      Bagaimana memahami istilah karakter dalam pendidikan karakter yang ingin dikembangkan di Indonesia dan bagaimana strategi pengembangannya.
c.       Mengidentifikasi persoalan mendasar dalam pendidikan di Indonesia saat ini dan tawaran solusi pemecahannya.

3.       Tulisan harus asli dan tidak boleh copy – paste dari artikel internet atau artikelmorang lain baik hanya sebagian atau seluruhnya. Jika diketahui esei anda hasil copy – paste, atau ada yang sama persis satu sama lain, maka nilai tugas menjadi nol (0).

4.       Jika anda mengutip secara bebas memakai bahasa anda sendiri dari buku atau artikel atau berita media massa, anda harus mencantumkan referensinya didalam esei berupa nama dan tahun (misal: Menurut Purwanto (1999).....; atau ......(Purwanto, 1999); atau (Kompas, 2010). Jika anda mengutip kalimat sama persis dalam buku atau artikel lain, anda harus memaka tanda buka kutip dan tutup kutip dan mencantumkan nama penulis asli, tahun, dan no. Halaman. Misal: Purwanto (1999, hlm. 200) menyatakan bahwa, “Pendidikan di Indonesia terlalu menekankan pada aspek kognitif daripada aspek karakter...”. selanjutnya buku atau jurnal atau alamat website yang dijadikan referensi harus dicantumkan diakhir bagian esei. Cara menulis referensinya sama dengan daftar pustaka seperti diatur dalam buku pedoman penulisan skripsi (cek contoh skripsi di perpustakaan fakultas).

5.       Tugas dikumpulkan 2 minggu setelah UTS (jadwal UTS menyusul), pada akhir pertemuan kuliah.

Penilaian:
1.       Nilai 85 – 100 (A)           :  Orisinil, analisis terfokus dan mendalam, cara referensi benar.
2.       Nilai 80 – 85 (A-)           :  Orisinil, analisis terfokus dan mendalam, cara referensi tidak benar.
3.       Nilai 75 – 80 (B+)           :  Orisinil, analisis terfokus tapi kurang mendalam, cara referensi benar.
4.       Nilai 70 – 75 (B)             :  Orisinil, analisis terfokus tapi kurang mendalam, cara referensi tidak benar.
5.       Nilai 65 – 70 (B-)            :  Orisinil, analisis kurang terfokus kurang mendalam, cara referensi benar.
6.       Nilai 60 – 65 (C+)           :  Orisinil, analisis kurang terfokus tapi kurang mendalam, cara referensi tidak              benar.
7.       Nilai 55 – 60 (C)             :  Kurang orisinil, kurang focus, kurang mendalam, cara referensi benar.
8.       Nilai 40 – 55 (D)             :  Kurang orisinil, kurang focus, kurang mendalam, cara referensi tidak benar.
9.       Nilai 0 – 40 (E)                :  Terindikasi plagiat/ copy – paste, esei memiliki kemiripan dengan esei lain baik sebagian maupun keseluruhan. Jika terbukti esei tersebut adalah plagiat/ copy – paste seluruhnya maka nilai yang diberikan adalah nol (0).