Kamis, 01 Desember 2011

20111202 UTS Perencanaan dan Evaluasi Pengajaran


JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA
PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI

Matakuliah : Perencanaan Pengajaran (47524220)
Dosen Pengampu : Dr. I Made Sriundy Mahardika, M.Pd.

Petunjuk:
  1. Tulis jawaban di lembar yang telah disediakan, dengan bahasa Indonesia yang dapat dibaca.
  2. Ujian bersifat take home dan segala bentuk kerjasama dalam mengerjakan soal diharamkan dunia akhirat.

Soal:
  1. Sebut dan jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem instruksional dan apa syarat-syarat sebuah sistem instruksional.
  2. Sebutkan tahap-tahap penting yang harus dilakukan seorang pendidik dalam mendesain rencana pengajarannya. Jelaskan jawaban saudara.
  3. Sebut dan jelaskan prinsip-prinsip instruksional serta implikasinya pada kegiatan pengajaran.
  4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengembangan instruksional.
  5. Secara garis besar kurikulum pengajaran didasarkan pada subject matter base dan competency base. Jelaskan: a) apa yang dimaksud dengan kurikulum dan jenis-jenisnya, b) Jelaskan apa yang dimaksud dengan kurikulum bertujuan subject matter base dan competency base, c) Jelaskan persamaan dan perbedaan keduanya, lengkapi dengan contoh.
  1. Kebijakan pemberlakuan KTSP menjamin kewenangan pendidik dalam merencanakan pembelajaran khususnya operational curriculum. Kewenangan tersebut harus didukung oleh kemampuan guru dalam merancang sistem instruksional dan memahami syarat-syarat sebuah sistem instruksional.
    1. Sebut dan jelaskan apa yang dimaksud sistem instruksional dan syarat-syarat yang harus dipenuhinya.
    2. Sebut dan jelaskan tahapan penting yang harus dilakukan dalam mendesain operational curriculum.
  1. Langkah identifikasi instruksional penting dilakukan untuk menentukan, pengetahuan, keterampilan, sikap atau kompetensi yang akan dijadikan tujuan PBM. Sebut dan jelaskan langkah-langkah identifikasi instruksional tersebut, lengkap dengan argumentasi logisnya.
  1. Tujuan instruksional umum sering disebut dengan general instructional objectives yang dapat berupa pengetahuan, keterampilan, sikap atau kompetensi tertentu. Sebutkan tujuan instruksional umum pengajaran Penjasorkes sesuai dengan PP. 19 Tahun 2005 untuk semua jenjang pendidikan.
  1. Permendiknas No. 23 tahun 2006 mengandung cakupan matapelajaran, standar kompetensi kelompok matapelajaran (SK KMP), SKL, SK, KD. Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah-istilah tersebut dan bagaimana keterkaitan satu dengan lainnya.
  1. Sebuah sekolah memiliki potensi riil sebagai berikut: (a) hanya memiliki satu lapangan Basket, (b) guru Penjasorkes 2 orang, (c) memiliki sarana bermain basket, tape recorder, kaset senam, dan beberapa bola plastik, (d) 50% peserta didiknya perempuan, dengan kondisi kebugaran rendah, motorik dasar rendah, sportivitas sedang, dan (e) masyarakat sekitar sangat taat beragama dan menjunjung nilai-nilai kebajikan. Jika anda menjadi guru Penjasorkes di sekolah ini buatlah RPP pembelajaran Penjasorkes yang paling tepat untuk peserta didik kelas VII. RPP yang anda buat akan dinilai dengan ketentuan:

No.
ASPEK YANG DINILAI
SKOR MAKSIMAL
1
Perumusan tujuan pembelajaran
5
2
Pemilihan dan Pengorganisasian materi ajar
5
3
Pemilihan sumber atau media pembelajaran
3
4
Skenario atau kegiatan pembelajaran
5
5
Penilaian hasil belajar
2


Selamat mengerjakan, semoga segala pikiran baik datang dari berbagai arah
dan Tuhan senantiasa membimbing kita semua ke jalan kebenaran


Tugas dikumpulkan pada hari Senin, 5 Desember 2011 waktu perkulihan. Tugas dikerjakan pada kertas A4.
Terima kasih.

4 komentar: